Minggu, 17 Juli 2011

Gambaran Umum PT MADU BARU PG MADUKISMO YOGYAKARTA

. Sejarah dan Perkembangan Perusahaan
PG-PS Madukismo adalah satu – satunya pabrik gula dan pabrik alkohol/spirtus di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang mengemban tugas untuk mensukseskan program pengadaan pangan Nasional, khususnya Gula Pasir. Sebagai Perusahaan padat karya banyak menampung tenaga kerja dari Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Perusahaan ini dibangun tahun 1955 atas prakarsa Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang diresmikan oleh presiden RI Pertama Ir. Soekarno. Pabrik Gula mulai memproduksi tahun 1958 dan Pabrik Spritus mulai memproduksi tahun 1959.
PT Madu Baru dibangun di atas lokasi Bangunan Pabrik Gila Padokan ( satu diantara dari 17 Pabrik Gula di Daerah Istimewa Yogyakarta yang dibangun Pemerintah belanda, tetapi di bumi hanguskan pada masa Pemerintah Jepang ), yang terletak di Desa Padokan, Kelurahan Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Propinsi daerah Istimewa Yogyakarta.
Status dari perusahaan ini adalah Perseroan Terbatas, didirikan tanggal 14 Juni 1955 diberi nama: “Pabrik-Pabrik Gula Madu Baru PT”( P2G Madu Baru PT ), memiliki dua pabrik :
·           Pabrik Gula ( PG ) Madukismo
·           Pabrik Alkohol/Spirtus ( PS ) Madukismo

Pada awal berdiri perusahaan ini pemilik saham 75% adalah Sri Sultan Hamengku Buwono IX sedangkan 25%nya adalah milik pemerintah RI ( Departemen Pertanian RI ). Saat ini telah dirubah menjadi 65% milik Sri Sultan Hamengku Buwono X dan 35% milik Pemerintah ( dikuasai kepada PT. Rajawali Nusantara Indonesia, sebuah BUMN ).

Perkembangan Perusahaan :
Tahun 1955 – 1962                   : Perusahaan Swasta ( PT )
Tahun 1962 – 1966                   : Bergabung dengan Perusahaan Negara dibawah BPU-PPN                                                      ( Badan Pimpinan Umum-Perusahaan Negara ), karena adanya                                    policy Pemerintah RI yang mengmbil alih semua Perusahaan                                                 di  Indonesia.

15
Tahun 1966                                       : BPU – PPN Bubar. PG-PG di Indonesia boleh memilih tetap                                                                                      sebagai Perusahaan Negara atau keluar menjadi perusahaan swasta ( PT ). PT MADU BARU memilih Perusahaan Swasta.
Tahun 1966-1984                      : PT MADU BARU kembali menjadi Perusahaan Swasta                                                            dengan susunan Direksi yang dipimpin Sri Sultan
                                                    Hamengkubuwono IX sebagai Presiden Direktur.
Tanggal 4 Maret 1984 - 24 Februari 2004 diadakan kontrak manajemen dengan PT Rajawali       Nusantara Indonesia ( RNI ) yaitu salah satu BUMN milik Departemen Keuangan RI.
Tanggal 24 Februari 2004 - sekarang PT MADU BARU menjadi perusahaan mandiri yang          dikelola secara professional dan independent.

2. Visi dan Misi Perusahaan
Visi :
PT Madu Baru menjadi perusahaan agro industri yang unggul di Indonesia dengan petani sebagai mitra sejati.

Misi :
·  Menghasilkan gula dan etanol yang berkualitas untuk memenuhi permintaan masyarakat dan industri di Indonesia
·  Menghasilkan produk dengan memanfaatkan teknologi maju yang ramah lingkungan, dikelola secara profesional dan inovatif memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggan serta mengutamakan kemitraan dengan petani
·  Mengembangkan produk atau bisnis baru yang mendukung bisnis inti
·  Menempatkan karyawan dan stackholder lainnya sebagai bagian terpenting dalam proses penciptaan keunggulan produksi dan pencapaian shareholder value

3. Bidang Usaha
Perusahaan ini memiliki usaha di bidang produksi utama dan sampingan. Produksi utamanya berupa gula pasir dengan kualitas SHS IA ( Superior Head Sugar ) atau GKP ( Gula Kristal Putih ). Mutu produksi dipantau oleh P3GI Pasuruan ( Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia ). Sedangkan produk sampingannya berupa:
16
v   Alcohol murni (kadar 95%)
v   Spiritus bakar (kadar 94%)

Mutu dipantau oleh Balai Penelitian kimia Departemen Perindustrian dan PT Sucofindo Indonesia.

2 komentar:

  1. Alamat dan no telpon PT Madu Baru bisa dipublikasikan? Kami sangat membutuhkan nya untuk keperluan pembelian etanol. tks.

    BalasHapus